Semoga Bermanfaat n_n

Kesalahan Kata

Rabu, September 22, 2010 / Diposting oleh GoZaLi /

Ada beberapa masalah kesalahan penulisan dalam Bahasa Inggris yang terjadi disekitar kita :
Saya mendapat gambar ini dari sebuah pamphlet yang diberikan oleh seseorang.
Tulisan “Delyfree” yang ada digambar tentu saja salah. Penulisan yang benar adalah “delivery.
Karena berdasarkan kamus :
Delivery (noun) : the act of taking goods, letters, etc. to the people they have been sent to. (Oxford Advance Learner’s Dictionary
Apa itu spidar? Binatang jenis apa? Spidar tidak memiliki arti apapun.
Gambar ini adalah berupa mainan anak-anak berupa topeng mainan.
Mungkin maksud dari penulis adalah SPIDERMAN, karena seperti yang kita tahu, spiderman adalah manusia yang digigit oleh laba-laba, oleh karena itu ia memiliki kekuatan super.
Tulisan “Spidarman” tentu saja salah, penulisan yang benar adalah Spiderman.
Karena berdasarkan kamus :
Spider (noun) : a small creature with eight thin legs. Many spiders spin webs (= nets of thin threads) to catch insects for food. (Oxford Advance Learner’s Dictionary)
Gambar ini terdapat di dalam sebuah mall. Sungguh sangat menyedihkan, gambar ini ditemukan di dalam mall karena seperti yang kita tau, mall adalah tempatnya orang-orang berpendidikan tinggi tapi masih saja ditemukan kesalahan penulisan semacam ini.
Tulisan “Sungles” sudah tentu salah, penulisan yang benar adalah ”Sunglasses.
Karena berdasarkan kamus :
Sunglasses (noun) : a pair of glasses with dark glass in them that you wear to protect your eyes from bright light from the sun.( Oxford Advance Learner’s Dictionary)
Tulisan “Sapety” adalah salah, penulisan yang benar adalah “Safety.
Karena berdasarkan kamus :
Safety-belt is the same with seat belt (n) : a belt that is attached to the seat in a car or a plane and that you fasten around yourself so that you are not thrown out of the seat if there is an accident.
Karena berdasarkan kamus :
Fly-over (n) : a bridge that carries one road over another one.
Tulisan Ply-oper sudah pasti salah, penulisan yang benar adalah ‘Fly-Over’.
Tulisan ini akan lebih baik jika ditulis “Berputar di bawah jembatan”. Gambar ini diambil di Jl. Raya Pesanggrahan, Kembangan-Kebon Jeruk sebelah utara fly- over Kebon Jeruk – Tangerang.
Saya tidak tahu pasti mengapa para penulis menulis tulisan semacam itu. Banyak alasan yang membuat penulis melakukan kesalahan dalam penulisan. Mungkin saja penulis memiliki tingkat pendidikan yang rendah, sehingga ia tidak mengetahui bahwa tulisan yang ia buat adalah salah. Atau bisa jadi penulis melakukannya dengan sengaja untuk menarik perhatian pembaca, atau bisa menjadi strategi penjualan.



Label:

0 komentar:

Posting Komentar