Semoga Bermanfaat n_n

Agama Perlu Buat Para Manusia

Selasa, September 28, 2010 / Diposting oleh GoZaLi /

Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Manusia menginginkan  segala sesuatu, termasuk menginginkan agama. Di dalam pandangan klasik terhadap agama, manusia memandang  tinggi agama dan akidah. Dengan dalil ini, manusia menjunjung tinggi akidah dan menjadikan jiwa lahiriyah mereka tiada  bernilai, serta dengan mudah mereka akan mengorbankan jiwanya itu demi agama. Adapun di masa modern, manusia menempatkan dirinya lebih tinggi daripada akidahnya.

Sebenarnya manusia sangat memerlukan sandaran yang dapat memberikan kekuatan kepada dirinya pada saat dia lemah, ketika segala kekuatan di luar dirinya tidak mampu lagi menopang dan menunjang dirinya. Pada saat semacam ini tiada jalan bagi manusia untuk dapat menentramkan diri , menenangkan hati, dan menjernihkan pikirannya, selain hanya mengadukan nasib dan keadaaannya kepada Yang Maha Mutlak Mengatur dan menentukan jalan hidupnya.

Allah Swt. Yang Maha Rahman dan Rahim telah menganugerahkan kita dengan nikmat yang sangat besar dengan adanya iman dan Islam yang tersemat di dalam hati kita. Rasa syukur yang dalam mesti kita tanamkan kepada Allah yang tak henti-hentinya melimpahkan nikmat dan karuniaNya laksana hujan kepada kita. Agama adalah satu-satunya sumber cahaya terang yang dengannya kita akan dapat menggapai kehidupan yang sukses dan bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Berkali-kali Allah telah menyampaikan perkara agama ini melalui ribuan nabi yang telah diutus ke muka bumi ini guna mengabarkan berita gembira bagi siapa yang mengimaninya serta ancaman bagi siapa yang mengingkarinya. Ketinggian dan kemuliaan agama itu sendiri tak terukur oleh akal dan ilmu manusia, karena di dalamnya Allah Swt menyimpan ribuan hikmah dan pelajaran hidup agar manusia selamat dari siksa Allah Swt yang maha dahsyat.

Di dalam sejarah penciptaan alam semesta dan manusia Allah Swt telah membuat suatu keputusan bahwa hanya dengan agama saja keberlangsungan alam semesta dan kehidupan manusia tetap terjaga.

Allah Swt telah menjadikan hukum wajib bagi seorang muslim untuk menuntut ilmu agama. Ulama mengatakan sesuatu yang manfaatnya untuk diri sendiri maka hukumnya menjadi wajib ‘ain. Begitu pula dengan agama, dikarenakan agama ini bermanfaat untuk masing-masing individu maka menuntut ilmu agama hukumnya adalah wajib ‘ain. Allah Swt telah menyampaikan perkara ini dalam Al Quran.

Saat ini yang menjadi pembicaraan orang-orang islam di seluruh dunia adalah mengenai kebesaran dan kehebatan dunia, dunia begitu diagung-agungkan maka perkara dunia ini menjadi idaman dan dambaan setiap orang islam. Sehingga keyakinan orang islam telah cacat dan rusak, karena hampir setiap hari selama 24 jam yang dibicarakan adalah perkara dunia. Agama menjadi anak tiri yang tidak menjadi prioritas utama dalam kehidupan. Maka ketika keyakinan telah rusak, begitu tidak ada harta dunia di samping kita hati akan merasa susah dan sempit. Sudah menjadi sunnatullah jika waktu dan pikiran kita dihabiskan untuk satu perkara maka perkara itu akan merasuk ke dalam hati kita. Untuk itu perlu dibuat suatu usaha guna merubah keyakinan kita dari yakin kepada kebendaan kepada yakin hanya kepada kekuasaan dan Qudrat Allah Swt.

Pengetahuan tentang perlunya agama bagi manusia sangat penting untuk membuat kita tidak melupakan panutan kita dalam melakukan segala sesuatu karena agama merupakan dasar tolak ukur terhadap perbuatan manusia.

Label:

0 komentar:

Posting Komentar