Semoga Bermanfaat n_n

Gaji dan Bunga Diperhitungkan sebagai Biaya

Kamis, Juni 16, 2011 / Diposting oleh GoZaLi /

Bila diperhatikan secara mendalam mengenai tunjangan gaji dan potongan bunga adalah biaya operasi perusahaan, dengan alas an bahwa gaji yang diberikan kepada anggota persekutuan adalah imbalan kepadanya dikarenakan ikut menjalanka perusahaan. Demikian pula potongan bunga sebagai balas jasa atas dana yang ditunjukkan untuk menjalankan aktifitas perusahaan. Dikarenakan kedua jumlah ini dikalkulasikan sebagai biaya, maka jumlah tersebut tidak akan dicatat ke dalam drawing melainkan ke dalam perkiraan expense.

Pembuatan Laporan Firma
Penyajian Laporan Keuangan (Financial Report) dengan jelas harus memuat perincian pembagian laba ini secara jelas. Caranya dengan menambahkan satu bagian ke dalam susunan perhitungan rugi/laba (income statement).
Perubahan modal persekutuan untuk suatu periode tertentu harus disajikan ke dalam Laporan Perubahan Modal (Capital Statement). Dalam prakteknya ada beberapa variasi bentuk laporan perubahan modal.

Pembubaran Persekutuan
Ciri dasar dari bentuk persekutuan firma yaitu waktu hidup yang terbatas. Bubarnya persekutuan apabila perusahaan tersebut mengalami perubahan perjanjian yang dengan sendirinya akan menimbulkan terhentinya hubungan firma. Bubarnya suatu persekutuan tidaklah langsung berarti akan terhentinya kegiatan perusahaan. Yang penting perusahaan harus terbentuk dengan embuatan akte pendirian yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar