Semoga Bermanfaat n_n

TYPE & BENTUK ORGANISASI

Selasa, September 21, 2010 / Diposting oleh GoZaLi /

- Bentuk-Bentuk Organisasi

1.   Ditinjau dari Jumlah Pucuk Pimpinan

a)                    Bentuk organisasi tunggal adalah organisasi yang kekuasaan pemimpinnya di pegang oleh satu orang. contohnya seperti : Presiden, RT, RW, Gubernur, dll.

b)                  Bentuk organisasi jamak adalah organisasi yang pucuk pimpinannya ada di tangan beberapa orang sebagai satu kesatuan. Sebutan jabatan yang digunakan antara lain Presidium, Direksi, Direktorium, Dewan, Majelis.

2.  Ditinjau dari Saluran Wewenang

a)                  Bentuk organisasi jalur adalah organisasi yang wewenang dari pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam semua bidang pekerjaan.

b)                   Bentuk organisasi fungsional adalah organisasi yang wewenang dari pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya. Pimpinan ditiap bidang berhak memerintah kepada semua pelaksana selama berhubungan dengan bidangnya.

c)                  Bentuk organisasi jalur dan staff adalah organisasi yang wewenang dari pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam semua bidang pekerjaan, dan di bawah pimpinan atau pimpinan satuan organisasi yang memerlukan diangkat pejabat yang tidak memiliki wewenang komando tetapi hanya dapat memberikan nasehat tentang keahlian tertentu.

d)                 Bentuk organisasi fungsional dan staff adalah organisasi yang wewenang dari pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu, pimpinan tiap bidang kerja dapat memerintah semua pelaksana, dan di bawah pimpinan atau pimpinan satuan diangkat pejabat yang tidak memiliki wewenang komando tetapi hanya dapat memberikan nasehat tentang keahlian tertentu.

e)                  Bentuk organisasi fungsional dan jalur adalah organisasi yang wewenang dari pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu, pimpinan tiap bidang kerja berhak memerintah kepada semua pelaksana selama berhubungan dengan bidangnya, dan tiap-tiap satuan pelaksana ke bawah memiliki wewenang dalam semua bidang kerja.

f)                   Bentuk organisasi jalur, fungsional dan staff adalah organisasi yang wewenang dari pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu, pimpinan tiap bidang berhak memerintah kepada semua pelaksana selama berhubungan dengan bidangnya, dan tiap-tiap satuan pelaksana ke bawah memiliki wewenang dalam semua bidang kerja; dan di bawah pimpinan atau pimpinan bidang diangkat pejabat yang tidak memiliki wewenang komando tetapi hanya dapat memberikan nasehat tentang bidang keahlian tertentu.

- Macam – Macam Type Organisasi:

1. Piramida mendatar (flat)‏ adalah type sebuah organisasi yang tingkat hirarki kewenangannya sedikit, dari pegawai juga harus banyak dan harus dapat dikendalikan agar tidak terlepas control, sebaliknya dari segi kepemimpinannya sedikit karena jabatan itu relative kecil..

2. Piramida Terbalik ialah sebuah type organisasi yang berbalik dengan piramida mendatar (flat) pengertian disini jumlah pemimpin yang lebih banyak dibandingkan dari jumlah pekerjanya. contoh type organisasi ini seperti organisasi/lembaga penelitian atau lembaga pendidikan.
3. Type Organisasi Kerucut adalah sebuah organisasi yang mempunyai hirarki/kewenangan yang banyak, rentangnya ruang kendali yang sempit, terkadang pelimpahan tanggung jawab pemimpin tingkat atas,  di lakukan sampai pemimpin tingkat bawah atau tingkat rendah, tetapi jarak antara pemimpin tingkat atas dan tingkat bawah sangatlah jauh, sehingga bagi kalangan pemimpin tingkat bawah untuk mendapatkan informasi jabatan cukuplah besar.
 
 Sumber : watawarga

Label:

0 komentar:

Posting Komentar