Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Selain produksi, keuangan maupun bidang lain berhasil tidaknya pencapaian tujuan bisnis tergantung juga pada keahlian mereka dibidang pemasaran. Begitupun dengan kemampuan mereka untuk mengkombinasikan fungsi – fungsi tersebut agar organisasi berjalan lancar.
Adapun pengertian pemasaran menurut para ahli ekonomi yang diuraikan sebagai berikut :
Pemasaran menurut Philip Kotler fan Garry Amstrong ( 1992 : 6 ) yaitu :
“ Suatu proses dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan & mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain”.
Pemasaran meurut Philip Kotler ( 1995 : 1 ) yaitu :
“ Adalah suatu hal yang sangat mendasar, sehingga tidak dapat dianggap sebagai fungsi tersendiri.Pemasaran adalah cara memandang perusahaan dari hasil akhirnya, yaitu dari pandangan pelanggannya. Keberhasilan dari suatu bisnis bukan ditentukan oleh produsennya melainkan dari pelanggannya”.
Pemasaran menurut Douglas W.Foster ( 1985: 8 ), yaitu :
“ Fungsi manajemen yang terorganisir dan menjurus pada kegiatan perusahaan yang meliputi penilaian dan perubahan daya beli konsumen menjadi permintaan yang efektif akan suatu barang dan jasa serta penyampaian barang atau jasa tersebut kepada konsumen atau pembeli terakhir, sehingga perusahaan dapat mencapai laba atau tujuan lain yang ditetapkan”.
Pengertian Biaya Pemasaran
Biaya Pemasaran
Menurut Mulyadi (2005:487), Biaya pemasaran dalam arti sempit dibatasi artinya sebagai biaya penjualan, yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk ke pasar. Sedangkan biaya pemasaran dalam arti luas meliputi semua biaya yang terjadi sejak saat produk selesai diproduksi dan disimpan dalam gudang sampai dengan produk tersebut diubah kembali dalam bentuk uang tunai.
Menurut Hansen & Mowen (2001:47), Biaya pemasaran adalah biaya-biaya yang diperlukan untuk memasarkan produk atau jasa, meliputi biaya gaji dan komisi tenaga jual, biaya iklan, biaya pergudangan dan biaya pelayanan pelanggan.
Menurut Henry Simamora (2002:37), Biaya pemasaran atau penjualan (Marketing Cost) meliputi semua biaya yang dikeluarkan untuk mendapat pesanan pelanggan dan menyerahkan produk atau jasa ke tangan pelanggan.
Penggolongan Biaya Pemasaran
Penggolongan Biaya Pemasaran
Mulyadi (2005:488) menggolongkan biaya pemasaran menjadi dua golongan, yaitu:
(1). Order Getting Cost (Biaya untuk mendapatkan pesanan), yaitu semua biaya yang dikeluarkan dalam usaha untuk memperoleh pesanan. Contohnya; biaya gaji dan wiraniaga, komisi penjualan, advertensi dan promosi.
(2). Order Filling Cost (Biaya untuk memenuhi pesanan), yaitu semua biaya yang dikeluarkan dalam rangka mengusahakan agar produk sampai ke tangan pembeli/konsumen. Contohnya; biaya pergudangan, biaya pengangkutan dan biaya penagihan.
0 komentar:
Posting Komentar