Semoga Bermanfaat n_n

Pendapatan Badan Usaha

Jumat, Mei 20, 2011 / Diposting oleh GoZaLi /

Semua perusahaan yang bergerak dalam penyediaan kebutuhan dan permintaan dari para konsumen bertujuan mendapatkan keuntungan melalui aktivitas dari penjualan produk dan jasa yang dihasilkan. Keuntungan tersebut dapat tercapai jika perusahaan mampu untuk memaksimalkan volume penjualan dari barang dan jasa yang dihasilkannya.
AHASS Pramuka Motor adalah salah satu contoh badan usaha yang bergerak dalam bidang jasa dan perdagangan otomotif. Dalam menjalankan usahanya AHASS Pramuka Motor memberikan jasa service dan penjualan spare part motor.Berdasarkan data yang ada, data pendapatan service dan volume penjualan spare part motor disajikan dalam jumlah unit motor yang melakukan service pada AHASS Pramuka Motor.Data volume penjualan tersebut digunakan untuk mengetahui jumlah pendapatan dari spare part yang terjual & untuk mengetahui pendapatan dari jasa service. Manajemen menetapkan target penjualan setiap bulan. Target penjualan ditetapkan berdasarkan kebijakan yang ditetapkan oleh  pemilik AHASS.
Setiap perusahaan baik yang bergerak dibidang jasa maupun dibidang industri perdagangan tentu menginginkan kegiatan perusahaannya berjalan lancar dan memperoleh laba yang maksilmal.Salah satu cara yang ditempuh oleh perusahaan adalah dengan melakukan kegiatan promosi yang sebaik-baiknya untuk mendukung tercapainya tujuan dari perusahaan tersebut.
Sejarah Singkat Perusahaan
AHASS Pramuka Motor merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang jasa dan penjualan spare part motor. Pada awal berdiri AHASS Pramuka Motor ini adalah bengkel motor vespa. Pada tahun 1999 barulah pemilik memutuskan untuk bergabung dengan Astra untuk mendirikan usaha yang bergerak dibidang jasa dan penjualan spare part motor ini. AHASS Pramuka Motor ini adalah usaha milik perorangan, jadi apapun yang terjadi dalam AHASS ini tergantung pada keputusan pemilik.
            Pada tahun 2010 ini AHASS Pramuka Motor mulai melakukan kegiatan penjualan motor second, yang direkomendasi dari Astra juga. Motor – motor yang dijual merupakan motor – motor tarikan yang ditarik dari para konsumen, karena pembayaran yang tidak benar terhadap lisingnya. Tidak terlalu banyak sejarah perusahaan yang ada, karena usaha ini pun tidak terlalu besar. Untuk kelancaran usaha AHASS Pramuka Motor ini memiliki 12 karyawan. Adapun struktur organisasi usahanya adalah sebagai berikut :
  1. Pemilik
Dalam usaha ini jabatan tertinggi adalah pemilik. Karena usaha ini tidak terlalu besar dan milik perorangan maka di sini tidak ada istilah direktur atau pun manager, tetapi yang mempunyai jabatan tertinggi dalah pemilik usaha. Tetapi tugas pemilik disini tidak jauh berbeda dengan direktur utama. Pemilik juga mempunyai tugas untuk mengkoordinir atas semua asset perusahaan dan atas kelancaran jalannya usaha.
  1. Kepala Mekanik
Bertugas mengawasi para mekanik yang bekerja dan mengecek setiap motor yang masuk sebelum motor tersebut diservice atau dikerjakan oleh mekanik.
  1. Frontdesk
Bertugas melayani pendaftaran setiap sepeda motor yang masuk, bertindak sebagai kasir juga, dan juga bertugas sebagai pembuat laporan bulanan ke Astra.
  1. Technical Chek
Bertugas mengecek setiap motor yang telah diservice,untuk mengetahui apakah motor tersebut sudah siap dipakai kembali atau belum.
  1. Bagian Gudang
Bertanggung jawab atas semua persediaan spare part yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar