Semoga Bermanfaat n_n

Jenis-Jenis Agama

Kamis, September 16, 2010 / Diposting oleh GoZaLi /

Agama dibagi menjadi beberapa jenis menurut kriteria tertentu. Orang biasanya menjeniskan agama kepada agama yang sahih dan agama sesat. Penjenisan mudah ini adalah subjektif yang mendatangkan perasaan tidak puas hati dalam masyarakat yang terbilang kaum dan agama. Dengan itu, agama haruslah dijeniskan berdasarkan kriteria yang zahir.
Dari segi penyebaran
Dari segi penyebarannya, agama dibagi menjadi dua jenis yaitu:
·        Agama Universal            
merupakan agama-agama yang "besar" dan mempunyai minat untuk menyebarkan ajaran untuk keseluruhan umat manusia. Sasaran agama jenis ini adalah ke semua manusia. Contohnya: Agama Islam, Kristian dan Buddha.
·        Agama Folk       
merupakan agama yang kecil dan tidak mempunyai sifat dakwah seperti agama universal. Amalannya hanya terhadap etnik tertentu. Contohnya: Agama Rakyat China/Taoisme.
Dari segit sumber rujukan
Semua agama menganggap ajarannya kudus. Kekudusan itu berasal dari satu sumber yang kudus juga. Dari segi sumber, agama-agama di dunia boleh dibagi menjadi dua jenis:
·        Agama Bersumberka wahyu
Merujuk kepada agama yang menuntut dirinya sebagai agama yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Penurunan ini biasanya melalui seorang Rasul. Daripada itu, agama yang berkenaan menganggap ajarannya adalah kebenaran yang mutlak. Contohnya: agama Islam, Yahudi, dan Kristian.
·        Agama Budaya
Merujuk kepada agama yang tidak menuntut kepada sumber wahyu. Agama ini mengabsahkan dirinya dengan merujuk kepada berbagai sumber seperti pembuktian, tradisi, falsafah dan sebagainya. Contohnya: agama Buddha, Hindu.

Dari segi tanggapan ketuhanan                                                                              Agama-agama yang berbeda mempunyai pandangan yang berbeda mengenai Tuhan. Perbedaan ini mungkin dari segi nama Tuhan dan sifat Tuhan. Agama menurut penjenisan ini dapat dibagi kepada dua jenis :
*  AgamaMonoteisme                                                                                   merupakan agama yang menganggap Tuhan hanya satu, yakni mendukung konsep kewahidan Tuhan. Contohnya, agama Islam.
*  Agama Politeisme                                                                
merupakan agama yang menganggap bahawa Tuhan berwujud secara berbilangan, yakni ada banyak Tuhan atau Tuhan boleh berpecah kepada banyak bentuk. Contohnya, agama Hindu, agama Rakyat China.

Label:

0 komentar:

Posting Komentar